Tak Ada Pompa Air, Ini Cara Petugas Bikin Banjir di Kebayoran Baru Surut

Faisal Javier - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 11:17 WIB
Banjir di Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jaksel, mulai surut (Faisal Javier/detikcom)
Jakarta - Air di Kali Grogol dan Kali Jalawe meluap sehingga membuat wilayah Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, banjir. Kelurahan Gunung tidak mempunyai pompa air untuk mempercepat surutnya banjir. Namun mereka punya cara lain.

Petugas memaksimalkan drainase atau lubang gorong-gorong agar banjir cepat surut. Pantauan detikcom, pukul 10.00 WIB tampak petugas membuka beberapa penutup gorong-gorong untuk mengalirkan air yang menggenangi permukiman warga. Petugas juga mengambil sampah-sampah yang hanyut agar tidak ikut masuk ke dalam gorong-gorong.


"(Mengandalkan) gorong-gorong, kita nunggu surut aja," ujar Kasi Pemerintahan Kelurahan Gunung, Iskandar saat ditemui di lokasi, Sabtu (17/1/2020).

Upaya petugas pun membuahkan hasil. Pada pukul 11.00 WIB, kini banjir makin surut dan ketinggian air tinggal semata kaki.

Foto: Faisal Javier/detikcom

Banjir di Kelurahan Gunung hari ini tidak separah banjir tanggal 1 Januari yang mencapai sekitar 150 cm, dan butuh waktu 12 jam untuk menunggu air surut. Iskandar meyakini banjir kali ini akan surut lebih cepat.

Selanjutnya
Halaman
1 2