Round-Up

Cerita BPBD Jakarta Anggarkan Bukan Toa Biasa

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 20:02 WIB
Disaster Warning System milik Pemprov DKI (Foto: dok. BPBD DKI)
Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menganggarkan duit miliaran rupiah untuk menambah sistem peringatan dini bencana yang disebut bukan Toa biasa. Bagaimana ceritanya?

BPBD mengatakan bakal menambah enam disaster warning system (DWS) pada 2020 dengan anggaran Rp 4,073 miliar. BPBD menyebut DWS ini bukan seperti pengeras suara atau Toa yang umum ditemukan.

"Pengeras ini bukan Toa biasa karena bisa dipantau dari Pusdatin untuk langsung ke lokasi yang ada. Anggaran tersebut sudah ada di e-budgeting," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Muhammad Insyaf saat dihubungi, Kamis (16/1/2020).



DWS itu merupakan menara yang bisa memberikan peringatan dini kepada kawasan di bantaran kali. Petugas BPBD akan menginformasikan bahwa pintu air sudah Siaga III atau waspada. Saat ini sudah ada 14 sistem peringatan dini bencana di Jakarta dan akan ditambah enam lagi.

"Penjelasan fungsi alat, alat berupa speaker jarak jauh yang berfungsi mengumumkan informasi kepada masyarakat pada daerah rawan banjir yang dibunyikan saat pintu air sungai alirannya Siaga 3 (Waspada). Rencana pemasangan tahun 2020 di enam kelurahan," ucap Insyaf.



Sistem peringatan dini itu juga bakal dipasang di dekat permukiman warga. Enam lokasi baru yang bakal dipasangi bukan Toa biasa tersebut adalah Bukit Duri, Kebon Baru, Kedaung Kali Angke, Cengkareng Barat, Rawa Terate, dan Marunda.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga angkat bicara tentang rencana BPBD DKI Jakarta menambah enam alat DWS. Dia menyebut alat itu mungkin merupakan pengembangan dari early warning system (EWS) bantuan Jepang pada 2014. Menurut BNPB, alat tersebut memang terbilang cukup mahal.

"Ini kayanya pengembangan bantuan Jepang. Ini Toa seperti yang dipakai di Jepang, jadi memang mahal," kata Kepala Pusdatinkom BNPB Agus Wibowo kepada wartawan, Kamis (16/1).
Selanjutnya
Halaman
1 2