Mendikbud Nadiem Minta Kualitas Cerita Sinetron Indonesia Ditingkatkan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 19:23 WIB
Foto Mendikbud Nadiem Makarim: Grandyos Zafna
Jakarta - Mendikbud Nadiem Makarim tidak hanya menyoroti pendidikan, tapi juga tayangan sinetron Indonesia. Nadiem membuat catatan khusus untuk rumah produksi agar mengemas cerita yang berkualitas dengan mengandalkan rasa ingin tahu masyarakat.

Hal itu disampaikan Nadiem saat menjadi narasumber di acara Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020 The Tribrata Jakarta, Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020). Nadiem menuturkan sinetron Indonesia harus mampu mengajak penontonnya untuk berfikir, menurutnya sinetron itu tidak selalu menghadirkan kisah inspirasi.

"Alangkah baiknya bisa mengajak masyarakat berfikir gitu loh. Nggak usah inspirasi deh, tapi paling tidak membuat pertanyaan-pertanyaan yang bisa meningkatkan curiosity (rasa ingin tahu) di masyarakat," ujar Nadiem.



Menurut Nadiem, cerita yang disajikan sinetron Indonesia saat ini tidak mementingkan cerita dan hanya mengandalkan rating. Oleh karena itu, Nadiem meminta agar seluruh rumah produksi sinetron bisa membuat cerita yang berbeda dan tidak berkutat di zona itu-itu saja.

"Kan selama ini ceritanya soal ada yang miskin jadi kaya, jatuh cinta, hal-hal yang masih kaya gitu levelnya di sini," kata Nadiem.

Selanjutnya
Halaman
1 2