Deklarasi Caketum PAN, Asman Abnur Utamakan Semangat Rekonsiliasi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 18:47 WIB
Foto: Asman Abnur (Sachril-detikcom)
Jakarta - Politisi PAN Asman Abnur mendeklarasikan diri sebagai caketum PAN. Dia mengatakan bakal mengutamakan rekonsiliasi para tokoh partai.

"Pertama rekonsiliasi. Saya meyakini potensi yang ada di PAN itu mulai dari tokoh pendiri sampai tokoh-tokoh nasional lainnya kalau itu bisa kita rajut kembali dalam artian sebuah sistem yang merajut mereka ini, akan melahirkan ide-ide bagus buat negara. Itulah yang saya bilang sebagai perekat," kata Asman, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

"Maka bahasa yang saya keluarkan itu adalah bahasa rekonsiliasi jadi dengan demikian dari tokoh pendiri hingga tokoh daerah itu kalau bersatu dalam satu sistem itu akan menjadi suatu kekuatan," sambungnya.



Asman mengatakan dirinya ingin menyatukan semua kader PAN dari level atas sampai bawah. Dia menyebut semua kader PAN merupakn ujung tombak PAN.

"Kita juga tahu, DPW, DPD yang ada di republik ini, Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Daerah di seluruh Indonesia adalah para ujung tombak PAN," ujarnya.



Asman mengatakan kader PAN adalah saudara. Dia menyebut bakal membuat tata kelola dan manajemen partai yang baik bila terpilih menjadi Ketua Umum PAN.

"Semangat yang kita luncurkan adalah semangat persaudaraan. Karena PAN itu sebutan yang paling akrab adalah saudaraku. Kita akan bangun kultur seperti sebutan saudaraku itu. Semangat adalah semangat persaudaraan. Itu yang menjadi fokus utama saya ke depan," ujar dia. (haf/haf)