Loyalis Zulhas: Jangan Ada Opini Tak Dukung Asman Berarti Lawan Hatta Rajasa

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 15:37 WIB
Viva Yoga Mauladi (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Loyalis Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Viva Yoga Mauladi menegaskan keputusan Hatta Rajasa mendukung Asman Abnur dalam bursa calon ketua umum PAN harus dihormati. Namun, Viva Yoga mengingatkan semua pihak tidak membangun opini yang menyesatkan.

"(Dukungan Hatta untuk Asman) coattail effect untuk meningkatkan suara, wajar saja. Tapi kongres kami harus diposisikan secara benar bahwa yang berkompetisi itu Zulhas, Asman, Mulfachri," kata Viva Yoga kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).



Viva Yoga mengingatkan jangan ada opini kader PAN yang tak mendukung Asman berarti melawan Hatta. Dia menyebut opini tersebut tidak mendidik kader.

"Jangan kemudian seakan-akan kalau tidak mendukung Mulfachri itu melawan Pak Amien, yang tidak mendukung Asman melawan Pak Hatta. Tidak boleh opini seperti itu, karena opini seperti itu tidak mendidik," sebutnya.

"Jadi yang benar kompetisi ini adalah yang benar dilakukan oleh tiga caketum. Saya rasa itu akan memberikan situasi yang fairness, adil, edukatif," imbuh Viva Yoga.

Viva Yoga tak mempermasalahkan soal dukungan senior PAN, termasuk dukungan Amien Rais. Dia menyebut Amien dan Hatta harus dihormati.

"Jadi, jangan ditarik opini atau asumsi yang tidak mendukung Mulfachri melawan Amien, yang tidak mendukung Asman melawan Pak Hatta. Ini penting karena Pak Amien dan Hatta adalah tokoh PAN yang harus dihormati," ujar Viva Yoga.



Sebelumnya, politikus PAN, Tjatur Sapto Edy menyebut Hatta Rajasa (HR) telah mendaratkan dukungannya ke Asman Abnur dalam kontestasi ketua umum PAN. Tjatur menilai dukungan Hatta berharga untuk Asman.

"Dukungan Bang Hatta Rajasa ini penting karena HR adalah salah satu ikon terpenting di PAN. HR adalah manusia wajib di PAN karena beliau belum pernah gagal," kata Tjatur kepada wartawan, Jumat (17/1). (zak/haf)