Ketua KPU soal Cerita dengan Johan Budi: Saya Sampaikan Penolakan PAW

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 15:31 WIB
Ketua KPU Arief Budiman (Lisye/detikcom)
Jakarta - Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengaku sempat menceritakan permintaan PDIP terkait Harun Masiku dan menyebut Ketua KPU Arief Budiman telah menceritakan sikap penolakan PAW itu ke politikus PDIP Johan Budi. Arief membenarkan hal itu.

"Saya sampaikan penolakan KPU," ujar Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (17/1/2020).


Namun Arief mengatakan dia bukan membahas soal PAW dengan Johan. Dia mengatakan pembicaraan sebatas menyampaikan penolakan PAW.

"Ya memang kita tidak pernah membahasnya. Tidak ada pembahasan sama sekali," kata Arief.

Sebelumnya, Wahyu mengaku sempat menceritakan permintaan PDIP terkait PAW Harun Masiku sebagai anggota DPR RI. Dia juga menyebut Ketua KPU Arief Budiman telah menceritakan sikap penolakan itu ke politikus PDIP Johan Budi yang merupakan anggota Komisi II DPR.


"Setelah menyampaikan pada Ketua seperti itu, Ketua juga menceritakan pada kami telah berupaya menjelaskan ke pada berbagai pihak pada sikap penolakan kami. Termasuk baru saja menceritakan pada Pak Johan Budi, anggota Komisi II, yang kebetulan bertugas sama Ketua," kata Wahyu dalam sidang etik yang disiarkan DKPP secara langsung melalui akun Facebook resminya, Rabu (15/1).

Namun Johan Budi mengaku tidak pernah membahas perihal PAW Harun Masiku dengan Arief Budiman. Johan Budi mengaku tidak dilibatkan mengenai PAW Harun Masiku.

"Saya tidak pernah membahas dengan Pak Arief, Ketua KPU soal itu. Dan tidak tahu soal PAW-PAW begitu. Saya bukan pengurus partai, dan tidak pernah dilibatkan dalam urusan PAW," kata Johan Budi saat dimintai konfirmasi, Kamis (16/1).



Simak Juga Video "Ketua KPU Terima Laporan Banyak Pihak Ikut Campur PAW Caleg PDIP"

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/haf)