Jalan Tertutup Imbas Banjir Bandang, Warga Tanah Datar Bepergian Lewat Danau

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 11:11 WIB
Foto: Banjir di Tanah Datar, Sumatera Barat. (Sultan Jeka Kampai/detikcom)
Tanah Datar - Petugas gabungan masih berusaha membersihkan akses jalan yang tertutup imbas banjir bandang di kawasan Jorong Tanjung Sawah, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk sementara, warga terpaksa bepergian lewat Danau Singkarak, karena akses jalan masih tertutup material banjir.

"Warga sementara ini bepergian harus melewati danau (Singkarak). Tapi tim kita sudah dikerahkan ke lokasi. Alat berat sedang bekerja membersihkan lokasi dari material longsor," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi kepada detikcom, Jumat (17/1/2020).



Menurut Irdinansyah, jalur yang tertutup sekitar 200 meter lebih dan merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Nagari Padang Laweh-Guguak Malalo. Selain jalan tertutup, banjir bandang juga mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah rusak.

"Dalam catatan sementara, ada 5 rumah beserta 3 gedung perkantoran yang terdampak, yakni Kantor Wali Jorong, PDAM dan Koperasi," jelas Irdinansyah.



Selain itu, banjir juga menyebabkan satu unit mobil hanyut masuk danau serta sejumlah hewan ternak mati. Pemda Tanah Datar sudah menyiapkan posko darurat dan dapur umum untuk kebutuhan warga yang menjadi korban.

"Fokus utama kita sekarang membersihkan lokasi dengan alat berat yang ada untuk kemudahan akses. Kita juga sudah siapkan posko dan dapur umum," kata Irdinansyah. (idn/idn)