KPK-BPK Join Investigation Usut Dugaan Korupsi Asabri Rp 10 T

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 21:21 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK mengatakan akan ikut terlibat mengusut dugaan korupsi Rp 10 triliun di PT Asabri. KPK akan melakukan penyelidikan bersama (join investigation) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kami KPK ketika mendapatkan info terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi di PT Asabri pimpinan langsung merespons dengan cepat informasi tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak pimpinan BPK dan kemudian disepakati bahwa kita akan melakukan join investigation, jadi penyelidikan bersama," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2020).

Ali mengatakan BPK akan melakukan audit. Sedangkan KPK akan menyelidiki ada-tidaknya tindak pidana korupsi di PT Asabri itu.
"Kemudian kita juga melakukan penyelidikan. Jadi di sana akan apakah ditemukan adanya peristiwa pidana atau tidak karena ini adalah proses penyelidikan," sebutnya.

Dugaan korupsi di PT Asabri ini awalnya dilontarkan Menko Polhukam Mahfud Md. Mahfud bahkan mengatakan masalah Asabri tak jauh berbeda dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).