Festival Indonesia Ke-5 Siap Digelar 31 Juli-2 Agustus di Moskow

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 14:19 WIB
Foto: Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, M Wahid Supriyadi. (Jefrie-detikcom)
Jakarta - Festival Indonesia ke-5 akan kembali digelar di Moskow, Rusia. Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, M Wahid Supriyadi mengatakan festival itu akan digelar pada 31 Juli-2 Agustus 2020 mendatang.

"Jadi untuk festivalnya diselenggarakan tanggal 31 Juli sampai 2 Agustus dan didahului oleh bisnis forum. Ini bisnis forum ke-3, tanggal 30 Juli," kata Wahid di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejabon I, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).

"Tempat (penyelenggaraan)-nya taman Krasnaya Presnya sama dengan tahun lalu, itu taman seluas 16,5 hektar dan itu difasilitasi gratis oleh kantor Wali Kota Moskow," ucapnya.


Festival ini diperuntukkan bagi UMKM dan perusahaan Indonesia yang ingin menjual dan memperkenalkan produknya. Wahid mengatakan para UMKM dari berbagai daerah tahun lalu juga mengikuti festival ini dan 75 booth jualan mereka digratiskan oleh pihak penyelenggara.

"Tahun lalu ada 8 daerah yang ikut dan yang terbesar adalah DIY, kemudian Jawa Tengah, dan Jakarta. DKI Jakarta selalu ikut dari festival pertama sampai keempat," ujarnya.

Wahid berharap para peserta festival ini dapat rutin untuk berpartisipasi setiap tahunnya agar promosi berkesinambungan. Saat ini, pendaftaran UMKM yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat dilihat di website resmi Kedutaan Besar Indonesia untuk Rusia.

"Yang saya tekankan juga ke daerah untuk menjaring customer nggak bisa kita hanya sekali pameran. Karena ada beberapa daerah yang tahun-tahun sebelumnya produknya satu setengah jam habis. Tapi tahun berikutnya nggak datang lagi," tutur Wahid.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2