Jokowi Serahkan Draf Omnibus Law ke DPR Pekan Depan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 11:56 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan draf omnibus law akan segera diajukan ke DPR. Draf maksimal diajukan pada pekan depan.

"Oleh sebab itu, maksimal minggu depan kita akan mengajukan pada DPR. Kita akan ajukan pada DPR yang namanya omnibus law," kata Jokowi di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020, di Ritz Carlton, Sudirman, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

"Minggu depan akan kita serahkan kepada DPR secara resmi. Kalau ini selesai kita akan menginjak tahapan berikutnya," imbuh dia.


Jokowi mengatakan nantinya ada 79 undang-undang dengan 1.244 pasal yang akan direvisi sekaligus. UU tersebut direvisi lantaran dinilai menghambat investasi.

"Di dalamnya ada 1.244 pasal yang akan direvisi, yang itu kita lakukan karena pasal-pasal ini menghambat kecepatan kita dalam bergerak untuk respon perubahan-perubahan yang ada di dunia. Kalau UU kita kaku, perubahan yang ada tidak bisa kita respons dengan cepat. Kita tercegat aturan yang kita buat," ujarnya.



Dia pun berharap DPR segera menyelesaikan omnibus law tersebut dalam waktu 100 hari. Jokowi mengatakan jika itu terealisasi maka dirinya akan memberikan apresiasi tinggi terhadap DPR.

"Kita harapkan, sudah saya sampaikan pada DPR mohon agar ini diselesaikan maksimal 100 hari. Saya akan angkat jempol, dua jempol kalau DPR bisa selesaikan ini dalam 100 hari. Tidak hanya saya, tapi bapak ibu juga acungin jempol. 1.244 pasal harus diselesaikan. Kalau ini betul-betul keluar, akan ada perubahan besar dalam pergerakan ekonomi kita," tutur Jokowi.



Jokowi Geber Omnibus Law Selesai Sebelum 100 Hari Kerja:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)