Pengacara Tepis Staf Jokowi: Pemanggilan Mulan Harus Izin Presiden!

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 11:29 WIB
Foto: Mulan Jameela (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono menyebut Polda Jatim tak perlu meminta izin Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memanggil anggota DPR Mulan Jameela dalam kasus investasi bodong MeMiles karena hanya berstatus sebagai saksi. Pengacara Mulan Jameela, Ali Lubis, memprotes pernyataan Dini.

"Menurut saya Mbak Dini Purwono selaku Stafsus Presiden bidang hukum agar membaca kembali isi dari UU MD3 tersebut, khususnya Pasal 245 ayat 1. Di situ bunyinya jelas kok, bahkan diperkuat oleh putusan Mahkamah Konstitusi pada tahun 2018," kata Ali Lubis dalam keterangannya, Kamis (16/1/2020).


Ali Lubis membacakan Pasal 245 ayat (1) UU Nomor 2/2018 tentang Perubahan Kedua UU MD3 sesuai Putusan MK 16/PUU-XVI/2018. Berikut ini bunyi ketentuan yang dikirimkan Ali Lubis:

Pemanggilan dan permintaan keterangan kepada anggota DPR yang diduga melakukan tindak pidana yang tidak sehubungan dengan pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud dalam 224 harus mendapatkan persetujuan tertulis oleh Presiden.

"Ketentuan tersebut bisa ditafsirkan bahwa pemanggilan dan permintaan keterangan terhadap anggota DPR oleh penegak hukum harus dengan persetujuan Presiden baik sebagai saksi maupun tersangka bahkan hanya sekedar diminta keterangan untuk memberikan klarifikasi," jelas Ali Lubis.


Ali Lubis menyatakan setiap anggota DPR punya hak imunitas yang diatur dalam UU MD3. Jika ada pihak berwajib ingin meminta keterangan anggota DPR, dia menegaskan itu perlu persetujuan tertulis dari Presiden yang saat ini dijabat Presiden Jokowi.

"Saya selaku kuasa hukum justru ingin mempertanyakan kepada Saudari Dini Purwono, apa dasar hukumnya terkait polisi bisa panggil Mulan Jameela yang notabene sebagai anggota DPR tanpa persetujuan Presiden. Karena harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Presiden itu jelas diatur dalam UU MD3 dan diperkuat oleh Putusan MK tahun 2018," kata Ali Lubis.

"Dan saran saya kepada Saudari Dini Purwono agar terlebih dahulu membaca kembali UU atau aturan-aturan yang mengatur sebelum memberikan komentar karena jika salah atau keliru dapat merugikan Pak Jokowi sebagai Presiden," imbuh dia.


Sebelumnya diberitakan, Polda Jatim akan menjadwalkan pemanggilan beberapa artis terkait kasus investasi bodong MeMiles. Saat disinggung soal pemanggilan penyanyi yang juga anggota DPR RI, Mulan Jameela, pihak Polda Jatim berharap Mulan bisa hadir.

Dini lalu menyebut Polda Jatim tak perlu meminta izin Presiden Jokowi terkait pemanggilan Mulan Jameela. Alasan Dini adalah Mulan hanya dipanggil sebagai saksi.



Tonton juga video Ahmad Dhani Yakin Mulan Jameela Tak Ikut Investasi Bodong MeMiles:

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)