Sapa Sandiaga 'Hati-hati 2024' Dinilai Taktik Jokowi Pecah Sorotan ke Anies

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 07:57 WIB
Jokowi Hadiri Pelantikan Pengurus HIPMI (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyapa Sandiaga Uno dengan sebutan 'Hati-hati 2024' dalam acara pelantikan pengurus HIPMI 2019-2022. Hal ini dinilai sebagai taktik jitu Jokowi.

"Saya pikir itu taktik yang jitu dari presiden ya," ujar pengamat politik, Rico Marbun, ketika dihubungi detikcom, Rabu (15/1/2020) malam.

Rico mengatakan perhatian publik sedang gencar-gencarnya menyorot Gubernur DKI Anies Baswedan terkait isu banjir dan digadang-gadang sebagai calon presiden 2024. Munculnya nama Sandiaga Uno dinilai dapat memecah spotlight atau sorotan publik itu.

"Kompetitor yang paling berat kan dari jajaran kepala daerah, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, kemudian Ganjar (Pranowo), Risma. Kalau kita melihat seperti Anies, ini kan dikritik oleh banyak pihak, terutama pengamanan banjir dan sebagainya, ketika bola itu dilempar oleh ke Sandiaga, berarti kan yang ada di spot perhatian publik, itu kan Sandiaga Uno," kata Rico.

Rico Marbun (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)Rico Marbun (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)



"Dalam posisi itu, ini taktik untuk memecah serangan. Jadi spotlight itu tidak hanya ke Anies Baswedan tapi juga lari ke Sandi, jadi ini oleh presiden dibagi rata," lanjutnya.


Jokowi Wanti-wanti Sandiaga: Hati-hati 2024:


Selanjutnya
Halaman
1 2