Angka Kemiskinan Aceh Tinggi, Pemprov: Warga Harus Manfaatkan Peluang Kerja

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 22:08 WIB
Ilustrasi bursa pameran lowongan kerja. (Yulida Medistiara/detikcom)
Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh merilis angka kemiskinan di Tanah Rencong, yaitu 15,01 persen atau masih tertinggi di Sumatera. Pemerintah Aceh meminta masyarakat memanfaatkan peluang kerja yang tersedia.

"Kemiskinan itu selalu berkorelasi dengan misalnya pengangguran. Seseorang yang ada kesempatan kerja di proyek pemerintah ya melibatkan diri, kemudian juga ada proyek swasta bisa mengembangkan diri," kata juru bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdul Gani kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, saat ini ada fenomena menarik yang terjadi di Aceh, yaitu peluang kerja banyak dimanfaatkan oleh warga luar Tanah Rencong. Dia mencontohkan pekerja di proyek pemerintah yang menggunakan dana APBA ataupun APBN.



"Sementara banyak putra Aceh di sekitar proyek itu tidak terlibat di dalamnya. Setelah kita dalami memang skill-nya tidak cukup, makanya mereka tidak diterima. Ada juga pekerjaan yang bisa dikerjakan tapi mereka (warga Aceh) tidak melibatkan diri," jelasnya.

"Jadi saya kira angka kemiskinan cepat turun di samping memang program Pemerintah Aceh yang harus tepat sasaran, penerima manfaat dan masyarakat yang memanfaatkan peluang itu," ujar Saifullah.

Selanjutnya
Halaman
1 2