641 Ribu Warga Banten Miskin, Gubernur: Nggak Mungkin Kemiskinan Nol

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 18:04 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Serang - Sebanyak 641 ribu warga Banten masuk kategori miskin berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS). Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan angka tersebut termasuk rendah dan tidak mungkin angka kemiskinan menjadi nol.

"Komposisi Banten rendah, termasuk terendah di Indonesia. Kita juga tidak mungkin angka kemiskinan nol. Karena di mana-mana nggak ada kemiskinan nol," kata Wahidin Halim di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Rabu (15/1/2020).


Gubernur yang biasa dipanggil WH ini mengatakan ada pertumbuhan ekonomi di Banten. Daya beli warga juga semakin baik. Dia juga mengatakan upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Banten menjadi di atas Rp 3 juta. Jumlah tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan ekonomi warga.

"Jadi bisa dilepaskan dari angka kemiskinan," ujarnya singkat.

BPS berdasarkan survei per September 2019, menyatakan kemiskinan Banten di angka 4,94 persen. Ada penurunan 0,15 poin dibanding pada periode Maret 2019 (5,09 persen). Komoditas makanan jadi penyumbang kemiskinan sampai 71,61 persen.

Selanjutnya
Halaman
1 2