Masjid di Inggris Tampung Tunawisma yang Ingin Berlindung di Musim Dingin

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 17:46 WIB
Foto: AFP Photo/Joel Saget/Masjid di Inggris Tampung Tunawisma yang Ingin Berlindung di Musim Dingin
Jakarta - Sejumlah masjid di Inggris menampung tunawisma sehingga punya tempat berteduh yang nyaman selama musim dingin. Mereka yang tidak punya rumah ini, juga mendapat makanan sehingga merasa hangat dan nyaman saat suhu terasa sangat dingin pada malam hari.

Inggris saat ini tengah menghadapi musim dingin yang suhunya bisa sangat menusuk pada malam hari. Para tunawisma berisiko mati kedinginan atau menggunakan cara berisiko demi tetap hangat, misalnya alkohol dan narkoba.

"Kami menyediakan perlindungan pada malam hari bagi yang punya tempat tidur atau perlindungan yang nyaman. Kegiatan ini merupakan bagian dari project Masjids with the Homeless," tulis Great Barr Muslim Foundation yang melakukan kegiatan tersebut di akun Facebook.


Selama musim dingin, beberapa komunitas muslim di Inggris memimpin inisiatif memberi perlindungan bagi tunawisma. Selain Great Barr Muslim Foundation, ada Al-Suffa Institute yang bekerja sama dengan masjid di wilayah tempat komunitas tersebut berada. Komunitas ini berasal dari Birmingham, London, serta wilayah lain di Inggris. Berikut beberapa masjid di Inggris yang membuka pintu bagi para homeless

1. Green Lane Mosque, Birmingham

Ide membuka masjid bagi kelompok tunawisma ini berasal dari kepala pelayanan Humayun Saleem, yang sangat khawatir dengan banyaknya jumlah homeless di jalan dalam cuaca yang bisa mencapai minus. Green Lane Mosque and Community Centre kemudian meluncurkan kegiatan untuk menolong tunawisma, yang membutuhkan perlindungan supaya bisa bertahan di cuaca yang sangat dingin.

"Kita bisa melihat para tunawisma terbungkus beberapa lapis baju di jalanan kota Birmingham yang sangat dingin. Mereka harus tidur di jalanan keras dalam suhu yang bisa menyebabkan tubuh membeku. Kami ingin membantu mereka menghindari risiko mati kedinginan dalam kondisi ini," kata general manager Green Lane Mosque Kamran Hussain dikutip dari Birmingham Mail.


2. Makki Masjid, Manchester

Masjid di Inggris lainnya yang menyediakan perlindungan terhadap tunawisma adakah Makki Masjid yang berlokasi di Manchester. Selain bisa berlindung dari suhu dingin pada malam hari, tunawisma juga mendapat bantuan makanan dan bisa membersihkan diri. Dengan letaknya yang berada di komunitas warga Asia Tengah, maka menu yang tersedia adalah makanan tradisional dari Bangladesh atau Pakistan.

"Suhu di luar sangat dingin dan kami berpikir yang bisa dilakukan untuk menolong para homeless. Namun kadang solusi bagi mereka bukan sekadar atap untuk berlindung pada malam hari. Sebagian dari mereka ada yang mengalami ketergantungan narkoba, korban kekerasan, atau punya gangguan mental. Dalam kondisi ini, mereka perlu bantuan lebih dari sekadar perlindungan melawan suhu dingin," kata Rabnawaz Akbar yang mewakili Makki Masjid dikutip dari Al Jazeera.
Selanjutnya
Halaman
1 2