PKS-PAN-PD Kompak Gagas Poros Baru Hadapi Pilkada Medan

Ahmad Arfah Lubis - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 17:33 WIB
Ilustrasi (Ahmad Arfah Lubis/detikcom)
Ilustrasi (Ahmad Arfah Lubis/detikcom)
Medan - Tiga parpol, yakni PKS, PAN, dan Partai Demokrat, sepakat menggagas silaturahmi poros baru menjelang Pilkada Medan, Sumut. Ketiga parpol ini ingin mendorong munculnya tokoh baru dalam kontestasi Pilwalkot Medan.

"Kita menggagas silaturahmi dalam Pilkada Medan dengan poros baru. Ada kesepakatan silaturahmi kebersamaan menuju suksesnya Pilkada Medan. Arti sukses adalah tepat menentukan calon," ujar Ketua DPC Demokrat Medan Burhanuddin Sitepu kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Dalam pertemuan, sambung Burhanuddin, ketiga perwakilan parpol sepakat melakukan silaturahmi berkesinambungan. Silaturahmi poros baru disebut akan memetakan kondisi Medan dan calon-calon yang terbaik untuk Pilkada Medan.




Saat disinggung soal poros baru 3 parpol disiapkan untuk menghadapi Ihwan Ritonga dan Bobby Nasution, Burhanuddin menepisnya. Silaturahmi 3 parpol, menurutnya, belum membicarakan tokoh-tokoh secara spesifik.

"Kami tidak bicara kandidat. Kita kesepakatan mengusung putra terbaik di Kota Medan, ada unsur ketokohan. Jadi kita mau betul-betul mencari sosok yang terbaik," kata Burhanuddin.




Namun dia menegaskan soal terbukanya peluang koalisi ketiga parpol dalam Pilkada Medan. Sebab, dari syarat pengusungan calon pilkada, hanya PDIP dan Gerindra yang memenuhi batas minimal kursi di DPRD Medan.

"Kalau silaturahminya berjalan seperti tadi, enaknya, saya pikir tidak menutup kemungkinan," ujar Burhanuddin.


(fdn/tor)