Wahyu Setiawan: Ibu Tio Utusan PDIP, Saya Dalam Posisi Sulit

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 16:54 WIB
Komisioner KPU Wahyu Setiawan, yang menjadi tersangka KPK. (Ari Saputra/detikcom)
Komisioner KPU Wahyu Setiawan, yang menjadi tersangka KPK. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wahyu Setiawan sedikit buka-bukaan mengenai dugaan suap terkait pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR dari PDIP. Komisioner KPU itu mengaku dalam posisi yang sulit.

Hal itu disampaikan Wahyu sebagai teradu dalam sidang dugaan pelanggaran kode etik yang digelar Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di KPK. Dalam persidangan itu turut hadir KPU dan Bawaslu.

"Saya tidak terlibat tetapi saya khawatir pernyataan-pernyataan saya mempengaruhi proses," ucap Wahyu seperti disiarkan DKPP secara langsung melalui akun Facebook resminya, Rabu (15/1/2020).


Wahyu lantas menceritakan soal proses awal saat PDIP mengajukan nama Harun Masiku sebagai PAW dari Nazaruddin Kiemas yang meninggal dunia. Dalam prosesnya, KPU menolak nama Harun lantaran ada nama Riezky Aprilia yang mendapatkan suara terbanyak di bawah Nazaruddin.

"Kami dalam posisi melayani peserta pemilu dalam hal ini para parpol yang akan melakukan... sepanjang prosesnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku pasti dilaksanakan," ucap Wahyu.

Selanjutnya
Halaman
1 2