Terbukti Positif Narkoba Sepekan Usai Dilantik, Pejabat Pemprov Riau Dicopot

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 16:53 WIB
Foto: Ilustrasi narkoba. (iStock)
Pekanbaru - Pejabat eselon III dan IV Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau baru sepekan dilantik. Belakangan diketahui salah seorang pejabat yang baru dilantik itu positif mengonsumsi narkoba.

"Gubernur Riau (Syamsuar) sudah perintahkan pejabatnya yang baru dilantik terbukti mengonsumsi narkoba untuk dicopot dari jabatannya," kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Riau, Chairul Riski kepada detikcom, Rabu (15/1/2020).


Riski menyebut pihaknya tidak kecolongan terkait adanya pejabat yang terbukti menggunakan narkoba. Karena, hasil Laboratorium dari BBN Riau baru diterima Pemprov Riau empat hari setelah pelantikan.

"Pemprov melantik eselon III dan IV pada Selasa (7/1). Sedangkan hasil Lab yang kita terima dari BNN Provinsi Riau empat hari kemudian," kata Riski.


Riski menjelaskan, awalnya Pemrpov Riau melakukan tes urine mendadak ke seluruh jajarannya pada 16 hingga 23 Desember 2019. Hasilnya, ada 38 orang terindikasi menggunakan narkoba.

Dari jumlah 38 orang itu, sambung Riski ada 23 berstatus PNS dan sisanya 15 orang tenaga harian lepas (THL). Mereka ini ada yang bertugas di Dinas PUPR, Satpol PP dan Dishub.

"Untuk yang terbukti kalau dia menjabat dipastikan jabatannya dicopot dan selain itu mereka juga ditunda kenaikan pangkatnya. Untuk THL akan diberhentikan," tutur Riski. (cha/idh)