Menkes Antisipasi Virus Baru di China: Bandara-Pelabuhan Siaga

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 16:49 WIB
Foto: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Andhika-detikcom)
Foto: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Andhika-detikcom)
Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta semua pihak waspada potensi penyebaran virus baru yang muncul di Wuhan, China. Terawan memastikan pelabuhan hingga bandara siaga.

"Kita sudah mulai gerakan untuk kewaspadaan itu, semua pintu pintu masuk, baik bandara maupun pelabuhan sudah siaga semua. Mereka menggunakan termo scan, alat-alat detektor dan sebagainya. Terutama untuk mengantisipasi masuknya virus yang sekarang baru merebak di Wuhan dan sekarang ketemu lagi di Thailand," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).



Terawan mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah jika virus tersebut menyebar ke Indonesia. Prosedur penanganan telah disiapkan.

"Kita sudah mewaspadai dan gladi dilakukan, antisipasi kalau ada kejadian, apa yang harus dilakukan, semua sedang memegang SOP," ujarnya.

Terawan mengatakan sejumlah rumah sakit juga sudah disiagakan. Ada ruang khusus isolasi jika ada warga yang terdampak virus tersebut.

"Kita kan ada rumah sakit khusus yang punya ruang-ruang isolasi. Kita akan gunakan. Semua akan kita dorong tenaga-tenaga untuk melakukan pencegahan adanya wabah. Kita sudah siagakan semua," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2