Jadikan Ibu Kota Baru Hijau, BRI Tanam Pohon Langka Borneo

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 17:45 WIB
Foto: BRI
Jakarta -

Dukung kelestarian alam dan lingkungan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggandeng platform Benih Baik untuk melaksanakan program 'BRI Poin Pohon Toleransi'. Sejak 28 Oktober - 31 Desember 2019, BRI berhasil mengumpulkan sekitar 1 juta poin yang disumbangkan para nasabah melalui transaksi di berbagai layanan Bank BRI.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengatakan bahwa, poin tersebut dikonversi setara Rp 124, sehingga nilai yang terkumpul sebesar Rp 124 juta. Adapun nantinya donasi itu akan dibelikan bibit pohon yang akan ditanam di Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

"Pohon yang dipilih itu pohon borneo, karena pertama, lokasi penanamannya itu ada di Kalimantan. Kemudian, pohon Borneo ini juga termasuk pohon yang langka jadi kami ingin memberdayakannya. Pohon ini juga punya akar yang kuat jadi bisa menguatkan tanah," kata Handayani di Kantor Pusat BRI, Rabu (15/1/2020).

Perihal tempat ia meyakini bahwa Kalimantan Timur menjadi tempat yang tepat untuk program ini. Sebab, calon ibu kota baru juga berada di provinsi ini. Sehingga dengan penanaman pohon akan membuat kawasan sekitar menjadi kawasan kota hutan yang hijau dan jauh dari polusi.

Sedangkan Founder Benih Baik, Andy F. Noya mengungkapkan bahwa dengan bekerja sama dengan pihak lain, maka impact yang diberikan juga akan lebih besar. Benih Baik juga akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin berdonasi melalui teknologi yang mereka miliki.

"Jadi ini memanfaatkan teknologi, kalau dulu kan konvensional. Dengan Benih Baikakan lebih mudah. Karena perbuatan baik oleh BRI harus bisa mendorong masyarakat luas untuk melakukan hal yang sama supaya sustain. Ini sebenernya sebuah langkah awal, dalam program ini dengan menggandeng pihak lain agar impact-nya lebih besar. Kita kan juga punya akses dengan pegiat lingkungan yang bekerja dalam sunyi, apa yang mereka lakukan sudah dirasakan dampaknya pada masyarakat," tuturnya.

Bahkan bukan hanya pohon borneo saja, rencananya juga akan ada jenis pohon lain seperti cendana, trembesi, kapur, meranti merah, meranti putih, ada juga pohon durian, lay, langsat, cempedak, hingga jengkol yang rencananya juga akan ditanam.

"Karena ulah manusia sudah pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Karena itu, segala upaya harus dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satu upaya tersebut adalah melalui kolaborasi Bank BRI dan Benih Baik," tandasnya.

Bagi nasabah Bank BRI yang ingin berdonasi bisa dilakukan di brishoponline/BRIPoin. Setiap transaksi sebesar Rp 100 ribu akan mendapatkan 1 poin yang akan dikonversikan setara Rp 124.

Sementara sistem pembayaran BRI yang tersedia di aplikasi benihbaik.con memiliki beberapa fitur pembayaran yaitu e-Pay BRI, Kartu Kredit BRI dan Debit Online BRI, serta BRIVA dengan tata cara menyesuaikan kebutuhan masyarakat.



(mul/mpr)