Bukan Pansus, Pimpinan DPR Dorong Panja Kasus Jiwasraya-Asabri

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 12:03 WIB
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad (Azizah/detikcom)
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad (Azizah/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendorong pembentukan panitia kerja (panja) untuk kasus Jiwasraya dan Asabri. Kerja panja dinilai akan lebih cepat daripada panitia khusus (pansus).

"Ya kalau menurut saya kita akan terlalu lama bikin pansus prosesnya. Jadi, karena pemerintah itu sudah melakukan hal-hal yang perlu kita respons cepat ya kita akan segera ini. Kalau panja kan cepat aja, hari ini bisa segera bikin panja-panja di masing-masing komisi," kata Dasco di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).


Dasco mengatakan hampir semua fraksi sepakat untuk pembentukan panja. Dasco menyebut pihaknya akan terus berkomunikasi dengan fraksi-fraksi di DPR.

"Jadi kita akan komunikasikan, sebagian besar fraksi setelah melihat apa yang telah dilakukan dari segi upaya pengembalian uang, kemudian perbaikan kinerja dan perbaikan hukum, hampir semua sepakat," ujarnya.

Menurut Dasco, pembentukan panja itu adalah respons dari kerja-kerja yang telah dilakukan pemerintah dalam kasus Jiwasraya dan Asabri yang berkaitan dengan masalah hukum dan pengembalian dana masyarakat. Dasco pun meminta komisi-komisi terkait segera membentuk panja.

"Oleh karena itu, kami akan melakukan hal-hal yang menurut kami juga langsung merespons dari pemerintah, yaitu kemudian meminta kepada komisi-komisi terkait untuk langsung saja. Misalnya untuk kinerja Komisi VI yang melakukan pengawasan BUMN dan supervisi memperbaiki kinerja daripada Jiwasrya dan Asabri," jelas Dasco.

"Kemudian Komisi XI itu akan melakukan pengawasan dan supervisi bagaimana keuangan daripada asuransi Jiwasraya dan Asabri bisa dikembalikan ke masyarakat, karena itu yang paling penting menurut kita bahwa uang yang sudah hilang itu bisa kembali," imbuhnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2