Menteri Inggris Heather Wheeler Berharap Kerja Sama Alutsista dengan RI

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 12:01 WIB
Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Menteri Inggris untuk Asia Pasifik, Heather Wheeler, menaruh harapan untuk dapat menjalin kerja sama dengan Indonesia berkaitan dengan alat utama sistem senjata (alutsista). Kerja sama di sektor pertahanan itu disebut Wheeler berlandaskan pada kesamaan persoalan antara Indonesia dengan Inggris terkait terorisme.

"Kita memiliki persoalan yang sama terkait terorisme. Ke depannya kita bisa bekerja sama dalam sektor alutsista. Jika ada kesempatan, kami siap melakukan hal tersebut," ucap Wheeler di Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

Wheeler memang berkunjung ke Indonesia dengan membawa sejumlah misi. Selain itu dia mengaku berfokus pada persoalan penanganan krisis iklim.




"Kami di UK sepakat bahwa semua negara wajib menemukan solusi dari masalah krisis iklim," ujar Wheeler.

Untuk mencapai hal itu Wheeler berharap otoritas negara-negara di dunia mulai memberi perhatian terhadap kebersihan laut dan kelestarian hutan. Dia juga mengajak untuk mengurangi penggunaan energi kotor biodiesel dan menggantinya dengan penggunaan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Wheeler juga sempat melakukan seremoni penanaman pohon jeruk. Dia berharap ke depannya hubungan antara Britania Raya atau United Kingdom (UK) dengan negara-negara Asean akan semakin baik.

"Saya berharap misi ini akan sukses dan hubungan UK dengan negara-negara Asean tetap terjaga di masa depan," imbuhnya. (dhn/dhn)