Doa Masuk Surga dan Berlindung dari Api Neraka

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 05:00 WIB
Doa Masuk Surga dan Berlindung Dari Api Neraka/Foto: istock
Jakarta - Setiap orang tentu mendambakan surga sebagai tempatnya di akhirat kelak. Nah, ada doa masuk surga yang bisa diamalkan manusia agar berlindung dari api neraka.

Amal ibadah selama di dunia menjadi penentu masuknya seseorang ke neraka atau surga. Maka dari itu, jangan lupa untuk terus mengerjakan kewajiban dan kebaikan selama di dunia.



Berikut doa masuk surga yang dirangkum detikcom:

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda bahwa siapa yang berdoa masuk surgadengan meminta surga tiga kali, maka surga akan berdoa kepada Allah untuk memintakan ia masuk ke dalam surga-Nya.

Diriwayatkan Ahmad, Nasai, dan Turmudzi. Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

Arab: مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

Artinya: Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: 'Ya Allah, masukkan lah dia ke dalam surga.' Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: 'Ya Allah, lindungi lah dia dari neraka.

Hadits di atas dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth dan dinilai shahih oleh al-Albani. Hadits serupa diriwayatkan Ahmad, Ibn Majah, Ibn Hibban, dan al-Hakim dengan sanad yang shahih dari Anas RA, Rasulullah bersabda:

"Tidak ada yang memohon surga kepada Allah SWT. sebanyak tiga kali melainkan surga akan berkata, 'Ya Allah SWT, masukkanlah dia ke dalam surga.' Dan tidak ada seorang muslim yang meminta perlindungan kepada Allah dari neraka sebanyak tiga kali melainkan neraka akan berkata, 'Ya Allah, selamatkanlah dia dariku (neraka)!" dikutip dari Ensiklopedia Kiamat



karya Dr. Umar Sulaiman al Asygar halaman 594.

Selain doa masuk surga, seseorang juga bisa berdoa agar dilindungi dari api neraka. Doa itu diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad dengan membaca

Arab: اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Latin: Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a'uudzu bika minan-naar

Artinya: Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.

Doa masuk surga dan terhindar dari siksa api neraka di atas bisa kita amalkan setiap hari. Tentunya tak hanya doa, tapi juga diiringi amal ibadah. menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-NYA. (pay/erd)