Sidang UU KPK Baru: Presiden Jokowi Belum Siap Berikan Keterangan, DPR Absen

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 16:20 WIB
Sidang MK (ari/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menunda sidang 4 perkara mengenai uji materi UU KPK baru. Sidang ditunda karena Presiden Jokowi belum siap memberikan keterangan, sedangkan pihak DPR tidak hadir.

Sejatinya, ada 4 perkara terkait uji materi UU KPK baru yang disidangkan hari ini di MK pukul 13.30 WIB. Keempat perkara itu akan disidangkan dalam satu waktu dengan agenda mendengarkan keterangan dari pihak pemerintah dan DPR.

Namun, kenyataannya, yang hadir dalam rapat yakni pihak pemohon dari empat perkara dan kuasa dari pemerintah. Sedangkan pihak DPR berhalangan hadir.

"Kami dari pemerintah hadir, sebelah kanan saya Ibu Dian dan Bapak Purnomo dari kejaksaan, saya sendiri Purwoko dari Kemenkumham, kemudian dari Menpan-RB Sutrisno Wibowo," kata Purwoko, saat memperkenalkan satu per satu kuasa dari pemerintah, dalam ruang sudang, Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

Setelah perkenalan, Hakim MK Anwar Usman meminta pihak pemerintah untuk memberikan keterangan sesuai agenda sidang.

"Agenda persidangan untuk keempat perkara ini karena mengenai hal hampir sama semuanya, mendengar keterangan DPR dan kuasa presiden. Gimana dari pihak pemerintah," kata hakim MK Anwar Usman.

Purwoko pun menjawab kalau pihaknya kini belum bisa membacakan keterangan dalam sidang. Purwoko mengatakan masih berkoordinasi.

"Izin Yang Mulia, kami telah menyampailan surat penundaan untuk pembacaan keterangan presiden karena kami masih perlu berkoordinasi dan konsultasi dengan pimpinan. Terima kasih," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2