Tim SAR Evakuasi Lansia yang Terjebak Banjir Samarinda

Yovanda - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 16:12 WIB
Foto: Yovanda-detikcom/ Banjir di Samarinda
Samarinda - Tim SAR mengevakuasi warga lanjut usia (lansia) yang terjebak banjir di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Ada kawasan yang terendam banjir setinggi 1 meter.

Petugas BPBD Kaltim, Muriono mengatakan, warga di Sempaja Utara sejak dua hari lalu sudah mengungsi. Petugas memprioritaskan evakuasi terhadap lansia dan anak-anak.

"Tim SAR dan relawan sudah bekerja siang malam sejak beberapa hari lalu. Evakuasi terus dilakukan mengingat banyak lansia dan anak-anak yang terjebak banjir," kata Muriono, Selasa (14/1/2020).

Meski ketinggian banjir terus naik, sejumlah warga tetap memilih tinggal di rumahnya. Mereka khawatir terjadi pencurian bila rumah ditinggal kosong.

"Kalau banjir memang kami memilih tinggal di rumah saja, kan rumah kami 2 lantai. Ya khawatir karena barang sering hilang kalau banjir begini," kata warga Sempaja Utara, Riswan.

Bagi warga yang bertahan di rumah, petugas menyalurkan bantuan nasi bungkus. Tim juga menyiapkan evakuasi warga.

"Kita bahu-membahu saja mulai dari evakuasi sampai pembagian nasi bungkus setiap hari. Tapi tetap diutamakan lansia dan anak-anak," ujar anggota Relawan Sosial Bunda, Rinda Wahyuni. (fdn/fdn)