Langit Jakarta Biru dan Cerah Hari Ini, Ternyata Ini Penyebabnya

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 15:53 WIB
Langit Jakarta cerah pada Selasa (14/1/2020) (Tiara/detikcom)
Langit Jakarta cerah pada Selasa (14/1/2020) (Tiara/detikcom)
Jakarta - Sejak siang hari, langit Jakarta biru cerah, awan berwarna putih, tak ada mendung hujan. Apa penyebab hari ini Jakarta lebih cerah?

Pantauan di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, langit Jakarta terlihat bersih. Pada siang hari kemarin, lokasi ini diliputi mendung dan diguyur hujan.

Langit Jakarta Biru dan Cerah Hari Ini, Ternyata Ini Penyebabnya Langit Jakarta cerah pada Selasa (14/1/2020) (Eva/detikcom)

Sementara di sekitar Monas, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, langit bersih, bahkan awanpun tidak terlalu banyak. Di kawasan Patung Kuda, tak jauh dari Monas, cerahnya cuaca membuat sorotan matahari terasa menyengat siang tadi.



Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan cerahnya Jakarta hari ini disebabkan oleh sedikitnya pasokan uap dari arah utara maupun selatan.

"Saat ini memang aktivitas pembentukan awan hujan di atas Jabodetabek sedang berkurang. Suplai uap air baik dari selatan (Samudera Hindia) maupun utara (Benua Asia) sebagai pembentuk awan hujan berkurang, sehingga awan yang terbentuk pun sedikit," kata Kepala Pusat Meteorlogi Publik BMKG Fahry Rajab kepada wartawan, Selasa (14/1/2020).
Selanjutnya
Halaman
1 2