MPR dan KPK Sepakat Berantas Korupsi Tak Boleh Timbulkan Kegaduhan-Ketakutan

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 14:25 WIB
Foto: Pertemuan MPR-KPK (Zhacky-detikcom)
Jakarta - Pertemuan antara pimpinan MPR RI dan KPK menyepakati sejumlah hal. Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan KPK telah menetapkan pemberantasan korupsi tak boleh menimbulkan kegaduhan dan ketakutan.

"KPK telah menetapkan bahwa pemberantasan korupsi tidak boleh menimbulkan kegaduhan dan ketakutan," kata Bamsoet saat konferensi pers bersama pimpinan KPK, di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).



Dalam pertemuan yang digelar selama 3 jam itu, MPR dan KPK sepakat pemberantasan korupsi esensinya adalah menyelamatkan keuangan negara. Bamsoet menyebut pemberantasan korupsi bukan mengejar orang.

"Pemberantasan korupsi esensinya adalah menyelamatkan keuangan negara. Intinya bukan mengejar orang," ucap Bamsoet.

Menurut Bamsoet, MPR dan KPK juga sependapat akar korupsi adalah biaya politik yang tinggi. Dia menyebut MPR dan KPK berkomitmen mencari jalan keluar atas pembiayaan politik yang tinggi itu.

"Akar korupsi ada pada biaya politik yang tinggi sehingga perlu dicari jalan. Sehingga alat korupsi yang timbul akibat biaya politik yang tinggi ini dipikirkan dan dicari jalan keluarnya," ujar Bamsoet.


Simak Video "Izin Penggeledahan Menuai Kontroversi, KPK Temui Ketua MPR"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2