Prabowo Bertemu Menhan Prancis di Paris, Ini Isinya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 22:15 WIB
Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan Prancis, Florence Parly. (Dok. KBRI Paris)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan Prancis, Florence Parly. Prabowo dan Florence membahas langkah untuk mempererat kerja sama pertahanan kedua negara dan upaya memajukan industri pertahanan Indonesia.

Pertemuan itu digelar di kantor Kementerian Pertahan Prancis di Paris (13/1/2020). Prabowo, yang didampingi Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir, dan lainnya disambut hangat oleh Menhan Prancis dan pejabat Kemhan Prancis. Prabowo menerima upacara penghormatan militer mengawali pertemuan itu.

"Saya mencatat bahwa sebagai dua mitra strategis, Indonesia-Prancis selama ini memiliki kerja sama pertahanan yang baik. Indonesia ingin terus tingkatkan kerja sama pertahanan, khususnya di bidang yang dapat perkuat alutsista TNI dan memajukan industri pertahanan Indonesia," kata Prabowo dalam pertemuan itu seperti dalam siaran pers KBRI Prancis.


Sementara itu, Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir menjelaskan peluang meningkatkan kerja sama pertahanan kedua negara masih terbuka lebar. Hal ini mengingat kedua negara memiliki hubungan bilateral yang baik dan kebijakan polugri yang independen.

Dalam pertemuan yang berlangsung terbuka dan interaktif, lanjut pria yang akrab disapa Tata itu, kedua Menhan sepakat menguatkan kerja sama pertahanan yang akan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama bidang pertahanan atau defense cooperation agreement (DCA). Untuk itu, kedua Menhan mendorong agar DCA dapat segera diselesaikan pada tahun ini sebagai framework kerja sama pertahanan ke depan.
Selanjutnya
Halaman
1 2