Komisi III DPR Akan Panggil KPK Bahas Koordinasi Dewas-Komisioner

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 21:33 WIB
Ketua Komisi III DPR Herman Hery. (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Komisi III DPR RI akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPK. Komisi III DPR ingin mendiskusikan perihal koordinasi antara komisioner dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

"Adapun terkait koordinasi Pimpinan KPK dan Dewas di masa transisional UU KPK yang baru ini, Komisi III akan membahasnya secara lebih dalam pada Rapat Dengar Pendapat dengan KPK," kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery di kompleks MPR-DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2020).


Namun, Herman tidak mengungkapkan jadwal RDP dengan KPK. Menurutnya, yang paling penting saat ini adalah menjaga sinergi komisioner dengan Dewas KPK.

"Sebagai Ketua Komisi III, saya tegaskan bahwa berdasarkan UU KPK yang baru, KPK dan Dewas harus melakukan koordinasi dan sinergi yang baik dalam melaksanakan proses penegakan hukum di KPK. Jangan sampai terjadi insubordinasi di dalam tubuh KPK," ucap Herman.

Selain itu, Herman menanggapi pernyataan Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa yang menilai KPK dilemahkan. Dia meminta tidak ada pihak yang saling menuding.

"Tidak usah saling tuding dan menyalahkan. Apalagi melempar bola panas ke publik. Jangan jadi pahlawan kesiangan," sebut politikus PDIP itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2