Sejarah Peradaban Iran, Negara yang Sedang Panas dengan Amerika Serikat

Rosmha Widiyani, Puti Yasmin - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 17:39 WIB
Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo/Sejarah Peradaban Iran, Negara yang Sedang Panas dengan Amerika Serikat
Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo/Sejarah Peradaban Iran, Negara yang Sedang Panas dengan Amerika Serikat
Jakarta - Iran Vs Amerika Serikat. Kalimat itu menjadi trending di situs pencarian Google dalam sepekan terakhir. Musababnya adalah hubungan kedua negara yang saat ini memang memanas.

Iran, yang sedang berkonflik dengan Amerika, ternyata punya sejarah panjang sebagai negara yang pernah menjadi pusat peradaban Islam. Jauh sebelum Qasem Soleimani komandan Al Quds terbunuh, Iran punya sejarah konflik dalam negeri yang belum selesai hingga sekarang.


Konflik ini turut mempengaruhi hubungan Iran dengan dunia luar. Berikut sejarah peradaban Iran sebelum dan sesudah masuknya Islam hingga saat ini dikutip dari History Extra, yang ditulis ahli sejarah Iran Professor Ali M Ansari dari University of St Andrews.

Iran sebelum masuknya Islam

Sejarah bangsa Iran dimulai dengan migrasi komunitas, yang disebut Iranian, dari Asia Tengah ke wilayah dataran tinggi Iranian pada milenium kedua sebelum masehi. Dunia selanjutnya mengenal dinasti Achaemid Persian sebagai salah satu yang terbesar di dunia, dengan administrasi berkualitas dan keyakinan religius. Keyakinan ini kemudian disebut Zoroastrianisme yang menekankan pada pikiran, perkataan, dan perbuatan yang baik.

Achaemenid Persian kemudian digantikan Parthian, sebuah dinasti baru yang berasal dari wilayah timur Iran. Parthian menggunakan mitos dan legenda untuk menghapus Achaemenid Persian dari ingatan masyarakat umum. Dinasti Parthian yang memilih bentuk pemerintahan desentralisasi bertahan hingga 500 tahun, sebelum digantikan Sasanian pada 224 M.


Sasanian punya bentuk pemerintahan lebih sentralisasi dibanding Parthian dengan satu raja lebih tinggi dibanding yang lain. Dinasti Sasanian mengenalkan Zoroastrianisme sebagai keyakinan yang baik dan resmi serta memiliki administrasi yang lebih rapi. Khusrau II, Raja Sasanias paling terkenal selanjutnya menjadi simbol tata administrasi dan segala hal baik yang terjadi di Iran praislam. Sasanian adalah lawan tangguh bagi bangsa Romawi dan Kekaisaran Byzantium yang berusaha mengalahkannya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3