Dzikir Setelah Sholat Fardhu, Begini Bacaan dan Keutamaannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 17:04 WIB
Dzikir Setelah Sholat Fardhu. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Setelah sholat fardhu jangan lupa sempatkan untuk berdoa dan berdzikir. Dzikir setelah sholat fardhu memiliki beberapa keutamaan.

Dzikir berarti mengingat Allah swt. Setiap muslim memiliki kewajiban untuk berdzikir kepada Allah swt, ketika pagi, sore atau setelah selesai sholat fardhu.


Perintah dzikir tercantum dalam ayat Al-Qur'an berikut ini:

"Ingatlah kamu sekalian kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu." (QS. Al-Baqarah: 152).


Bacaan dzikir setelah sholat wajib yang dicontohkan Rasulullah setiap selesai sholat adalah membaca istighfar (أَسْتَغْفِرُ اللهَ) tiga kali dan mengucapkan:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ


Latin: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom.

Artinya: "Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan."


Setelah bacaan di atas dapat ditambah dengan bacaan tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu Akbar), masing-masing dibaca 33 kali.

Allah swt menjamin akan memberi ketenangan hati dan akan selalu mengingat orang-orang yang berdzikir kepada-Nya, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an:


"Orang-orang yang beriman keadaan hati mereka menjadi tenang karena dzikir kepada Allah, ingatlah dengan mengingatkan Allah, hati menjadi tenang." (QS. Al-Ra'du: 28).


Keutamaan dari amalan dzikir setelah sholat 5 waktu disebutkan dalam dalil dzikir pada hadist riwayat Abu Hurairah yang berbunyi:


"Rasulullah saw bersabda, 'Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah shalat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa 'alâ kulli syai'in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,'" (HR. Malik).


Subhanallah, yuk kita mulai untuk rutin berdzikir setelah sholat fardhu.

(lus/erd)