DPR Minta Pemerintah Tegas ke China soal Natuna: Jangan Takut karena Utang

Eva Safitri - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 13:02 WIB
Foto: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco (Nur Azizah-detikcom)
Foto: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco (Nur Azizah-detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah melakukan langkah tegas terkait polemik di Natuna dengan China. Pemerintah diharapkan aktif melakukan diplomasi ataupun menyiapkan strategi khusus.

"Saya pikir perlu dibicarakan solusi dan alternatif jangka panjang walaupun itu tidak masuk ke perairan Indonesia tetapi masuk di Zona Ekonomi Eksklusif saya pikir pemerintah perlu memikirkan langkah lebih tegas baik dalam tindakan diplomasi maupun strategi khusus yang kelihatannya sedang dipersiapkan oleh Menteri KKP dalam rangka mengatasi masalah itu," kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020). Hal ini disampaikan Dasco saat menjawab informasi kapal nelayan China yang masih berada di perairan Natuna.


Dasco mengatakan penanganan pemerintah tidak boleh terbatas hanya karena Indonesia memiliki utang ke China. Dia meminta persoalan utang tidak menjadi alasan.

"Saya pikir (utang) bukan menjadi suatu alasan pemerintah tetap menegakkan kedaulatan di wilayah kita dan tidak takut hanya karena utang kalau perlu kita tidak usah utang kepada China.


Disinggung perlu atau tidaknya pemerintah memanggil Dubes Indonesia untuk China, Dasco mengatakan akan menyampaikan hal itu dalam rapat koordinasi.

"Saya pikir itu kita akan sampaikan dalam rapat koordinasi dengan pemerintah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat antara DPR dan pemerintah," katanya. (eva/gbr)