Jakarta Tak Diguyur Hujan Deras pada 12 Januari, Ini Penjelasan BMKG

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 12:00 WIB
Foto ilustrasi hujan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Pada Minggu (12/1) kemarin, langit Jakarta cenderung cerah. Tak ada hujan deras sebagaimana hari-hari sebelumnya. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan kondisi tersebut persis dengan prakiraan cuaca yang telah dirilis.

"BMKG memprediksi mulai 11 Januari 2020, intensitas hujan di Jakarta Bogor Depok Tangerang (Jabodetabek) menurun," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, kepada wartawan, Senin (13/1/2020).



Dwikorita kemudian menunjukkan prediksi BMKG yang dirilis di akun Instagram resmi @infobmkg pada 8 Januari 2020. Akun Twitter resmi BMKG juga menyampaikan hal yang sama. Di situ disebutkan tanggal 11-12 Januari untuk Jabodetabek diprediksi hujan sudah mulai relatif berkurang ketimbang tanggal sebelumnya.


Intensitas hujan di Jabodetabek menurun karena karena Aliran Udara Basah (MJO/Madden Julian Oscillation) yang memicu hujan lebat sudah bergeser meninggalkan Jawa dan mulai masuk ke Kalimantan dan Sulawesi. Fenomena MJO juga sudah dijelaskan BMKG sejak 3 Januari lalu saat peluncuran Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).



"MJO diperkirakan dapat memicu intensitas hujan di wilayah Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan, Jawa (termasuk Jabodetabek) pada tanggal 5 sampai 10 Januari. Tapi, aliran udara basah itu mulai masuk wilayah Indonesia Tengah (Kalimantan dan Sulawesi) pada 11 hingga 15 Januari, sehingga intensitas hujan di Jabodetabek mulai menurun," tutur Dwikorita.

Simak Video "Waspada! 9-11 Januari Diprediksi Terjadi Air Pasang Maksimum di Jakut"


Selanjutnya
Halaman
1 2