Amien Rais Tak Ganggu Jokowi, PPP: Sikapnya Dinginkan Suasana Politik

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 08:50 WIB
Foto: Wasekjen PPP Achmad Baidowi /detikcom
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut partainya tak akan mengganggu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai 2024. PPP menilai sikap Amien Rais itu mendinginkan suasana politik.

"Lebih dari itu, sikap tersebut turut mendinginkan suasana politik. Dan setiap parpol punya kewenangan otonom untuk mengurus internalnya masing-masing," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Minggu (12/1/2020).



Pria yang akrab disapa Awiek ini menilai sikap politik yang disebutkan Amien Rais wajar karena PAN tidak bisa sendiri tanpa dukungan partai politik lain. Karena itulah, menurut Awiek, Amien Rais menyatakan sikap tidak akan mengganggu Jokowi.

"Itu realistis melihat kekuatan politik di Indonesia saat ini. Karena kalau PAN sendirian tanpa dukungan dari parpol lain ya nggak bakal bisa. Makanya, beliau menegaskan tidak akan ganggu Jokowi, sikap politik yang realistis karena memang faktanya sulit," ucap dia.

PPP merupakan salah satu partai politik yang mendukung pemerintahan Jokowi. Menurut dia, kekuatan koalisi pemerintahan sudah cukup sehingga perlu ada partai politik yang menjadi penyeimbang pemerintah saat ini.

"Tentang koalisi merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Meskipun sebenarnya secara politik, kekuatan dikoalisi sudah lebih dari cukup. Yang menjadi penyeimbang pemerintah siapa kalau semuanya ada dikoalisi?" tutur dia.



Amien Rais Sebut PAN Tak Akan Ganggu Jokowi Sampai 2024:


Selanjutnya
Halaman
1 2