Keluarga Gubernur-Sekda Riau Jadi Pejabat, DPR Minta Pemprov Buka Data

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 07:56 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Komisi II DPR angkat bicara soal keluarga Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Riau Yan Prana Jaya yang menduduki jabatan di Pemprov Riau. DPR meminta Pemprov Riau membuka dasar-dasar penilaian penempatan jabatan tersebut secara transparan.

Komisi yang membidangi pemerintahan dalam negeri ini menilai jabatan untuk keluarga Gubernur dan Sekda itu tak masalah jika memenuhi syarat sebagai ASN, namun jika pengangkatan itu tidak memenuhi syarat dan rekam jejak yang baik, maka patut diduga ada unsur nepotisme.

"Jika memenuhi syarat, sebagai ASN tentu dia berhak atas posisi-posisi yang memang bisa diisi. Tetapi kalau tidak, patut diduga ini nepotisme dan Gubernur memanfaatkan jabatan serta kewenangan yang dimilikinya untuk menempatkan kerabatnya pada jabatan yang tidak sepatutnya diduduki," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Yaqut Cholil Qoumas kepada wartawan, Senin (13/1/2020).


Menurut Yaqut, tak pantas keluarga Gubernur dan Sekda Riau menduduki jabatan di pemprov jika tidak memenuhi syarat atau ada ASN lain yang lebih berprestasi. Politikus PKB itu pun meminta Pemprov Riau membuka dasar-dasar penilaian penempatan jabatan tersebut secara transparan.

"Solusinya, Pemprov Riau harus transparan dan membuka ke publik dasar-dasar penilaian penempatan seseorang pada jabatan tertentu, termasuk kerabat gubernur. Bukan hanya disampaikan bahwa para kerabat tersebut telah memenuhi syarat," ujar Yaqut.

"Ini mungkin agak merepotkan, tetapi baik untuk menjawab dugaan-dugaan yang berkembang di masyarakat," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2