Jalan Amblas di Daan Mogot Juga Akibat Pipa Berkarat dan Jebol

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 18:06 WIB
Foto: Jalan Amblas Dikeruk Alat Berat (Wilda-detikcom)
Jakarta - Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) IV Jakarta, Hari Suko Setiono menyebut ada pipa yang jebol sehingga menyebabkan jalan di Jalan Daan Mogot amblas. BBPJN akhirnya membuat gorong-gorong di sekitar pipa dengan panjang 15 meter untuk melakukan perbaikan.

"Ini disamping pipa PDAM, yang pipa kita di samping gorong-gorong terkena karatan dan jebol juga, itu penyebabnya. Sekarang kita langsung bongkar, kita minta PDAM langsung direlokasi pipa. Setelah direlokasi langsung buat yang dengan gorong-gorong beton," kata Kepala BBPJN IV PUPR Jakarta, Hari Suko Setiono kepada wartawan di Jalan Daan Mogot, SD Tanah Tinggi, Tangerang Kota, Minggu (12/1/2020).



Hari menyebut pihak BBPJN IV sudah menyarankan ke PDAM setempat agar pipa air tidak ditanam di bahu jalan. Namun, imbuh Hari, lantaran PDAM sudah terlanjur meletakan pipa tersebut, sehingga butuh biaya untuk melakukan pemindahan ulang pipa ke luar badan jalan.

Dia menuturkan, di dalam lubang akibat jalan amblas juga terdapat pipa gas dan kabel fiber optik. Pihaknya masih berkoordinasi untuk merelokasi pipa-pipa tersebut.

"Memang ada utilitas-utilitas ada PLN, ada pipa gas dan ada juga kabel kabel fiber optik, tapi kita sudah koordinasikan dan PDAM tadi akan merelokasi dengan cepat katanya," tuturnya.



BBPJN akan membuat gorong-gorong beton pada malam hari. Targetnya, pengerjaan jalan ini akan dilakukan paling cepat selama tiga hari.

Terkait arus lalu lintas, Hari menerangkan akan dilakukan rekayasa lalu lintas secara bergantian di kedua arah. (idn/idn)