Dewas KPK: Izin Geledah dan Sita Kasus Komisioner KPU Terbit Jumat Malam

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 22:06 WIB
Foto: Anggota Dewan Pengawas KPK, Syamsuddin Haris (Antara Foto)
Jakarta - Dewan Pengawas (Dewas) KPK mengatakan telah mengeluarkan izin penggeledahan dan penyitaan terkait kasus dugaan suap yang menjerat Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Surat itu diterbitkan pada Jumat (10/1) malam.

"Untuk diketahui publik, KPK baru mengajukan permintaan izin penggeledahan dan penyitaan kasus OTT komisioner KPU kepada Dewas pada sore jelang malam tanggal 10 Januari 2020. Malam (Jumat, 10 Januari 2020) itu juga Dewas memberi izin geledah dan sita kasus komisioner KPU," kata anggota Dewas KPK Syamsudin Haris kepada detikcom, Sabtu (11/1/2020).



Syamsuddin menyebut KPK baru mengajukan pemintaan izin untuk penggeledahan dan penyitaan pada Jumat sore. Padahal, menurutnya, Dewas KPK sudah menunggu sejak Kamis (9/1).

"Padahal, Dewas sudah menunggu datangnya permintaan izin geledah dan sita itu sejak kamis tanggal 9 Januari 2020. Jumat tanggal 10 Januari hingga siang, permintaan izin belum ada juga," ucapnya.

Ia mengatakan Dewas akan merespons cepat bila KPK mengajukan izin terkait penanganan perkara korupsi. Ia memastikan Dewas tidak akan pernah menghambat pengungkapan kasus korupsi.

"Dewan Pengawas KPK pada prinsipnya tidak akan pernah menghambat pengungkapan kasus korupsi," tutur Syamsuddin Haris.

Selanjutnya
Halaman
1 2