Viral Bau Gas Menyengat di Depok, Ini Penjelasan PGN

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 15:54 WIB
Keran gas alam di Depok. (Foto: dok. Istimewa)
Depok - Masyarakat Depok sempat dihebohkan oleh bau gas yang tercium di sejumlah titik. Perusahaan Gas Negara (PGN) menjelaskan bau tersebut berasal dari pekerjaan penggantian valve odorant atau pembau gas.

"Bau berasal dari pekerjaan penggantian valve odorant (pembau gas) yang dilaksanakan pada infrastruktur Jargas Depok pada Jumat, 10 Januari 2020, dan telah diselesaikan pada pukul 15.00 WIB yang dilakukan oleh operator Jargas Depok," demikian potongan pernyataan PGN yang diterima detikcom, Sabtu (11/1/2020).


Odorant adalah zat pembau untuk peranti keselamatan operasi yang memberikan tanda adanya gas bumi yang diberikan pada infrastruktur jargas. Hingga saat ini, tim PGN dan Pertagas (grup PGN) masih terus melaksanakan pengecekan dan memastikan ulang bahwa bau berasal dari sisa pekerjaan penggantian peralatan odorant dan bukan dari kebocoran gas bumi.

"Meskipun sudah tidak tercium bau dari fasilitas odorant, tim tetap bersiaga memastikan tidak adanya kebocoran gas," bunyi lanjutan pernyataan PGN.

Lebih lanjut PGN mengumumkan masyarakat bisa menyampaikan pesan terkait gas bumi di contact center PGN 1500-645.



Simak juga video Naik Angkot, Maling Ini Nyolong Penutup Gorong-gorong:

[Gambas:Video 20detik]

(tor/tor)