Round-Up

Pidana Ringan untuk Bule Penabrak di Jimbaran yang Tak Ditahan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 07:40 WIB
Foto: DOK. ISTIMEWA/ Mobil yang dikendarai bule Aussie ringsek dirusak massa karena menabrak 3 orang di Jimbaran Bali
Denpasar - Aksi mabuk-mabukan bule Ryan Mattew, yang tabrak 3 orang di Jimbaran, Bali, membuat dirinya menjadi tersangka. Namun, bule asal AS ini tak ditahan oleh polisi karena pidananya tergolong ringan.

Polisi tidak melakukan penahanan karena ancaman kurungan dalam pasal pidana yang disangkakan ke Ryan Mattew di bawah 5 tahun.

"Namun catatannya, catatan (ancaman) di bawah 5 tahun. Jadi tidak dilakukan penahanan karena tergolong pidana ringan," ungkap Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi S Utomo di Mapolresta Denpasar, Bali, Jumat (10/1/2020).

Adapun Bule mabuk tersebut sudah dijadikan tersangka kasus pelanggaran lalu lintas dan dikenai Pasal 311 UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Adapun ancaman hukuman maksimal 1 tahun penjara dan denda Rp 3 juta.

"Pasalnya 311," tuturnya.




Adi memastikan, penetapan dan perlakuan proses hukum kepada bule AS ini sudah sesuai SOP yang berlaku. Dia menegaskan, bule ini melanggar lalu lintas karena mabuk dan membahayakan pengguna jalan.

"Untuk penetapan tersangka sudah jelas, kita sudah melalui proses SOP dan kita tetapkan sebagai tersangka," tuturnya.

Pidana Ringan untuk Bule Penabrak di Jimbaran yang Tak DitahanFoto: Ryan Matthew bule tabrak 3 orang di Jimbaran Bali (dok detikcom)


Lihat video Larikan Diri Usai Tabrak Warga di Bali, Bule Mabuk Dikejar Massa:


Selanjutnya
Halaman
1 2