Status Kerabat Jokowi Dinilai Tak Jamin Paman Bobby Sukses di Pilkada

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 07:31 WIB
Foto ilustrasi: Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Nasution menantu Jokowi. (Gusti/detikcom)
Foto ilustrasi: Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Nasution menantu Jokowi. (Gusti/detikcom)
Jakarta - Setelah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan menantu Jokowi Bobby Nasution, kini paman Bobby bernama Doli Sinomba Siregar meniti jalan menuju Pilkada juga. Dia hendak menjadi calon bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Namun statusnya sebagai kerabat Jokowi dinilai tak bisa menjamin kemenangan di Pilkada 2020 nanti.

"Kemenangan tidak ditentukan oleh dinasti politik, meskipun dia adalah kerabat Jokowi. Ini karena dinasti politik bukan faktor utama yang menentukan kemenangan calon," kata Peneliti departemen politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, kepada wartawan, Sabtu (10/1/2020).



Dinasti politik atau politik dinasti, begitulah istilah populer yang terbersit bila ada orang-orang satu kerabat mengisi pucuk-pucuk kepemimpinan politik. Dinasti politik adalah istilah abu-abu, begitu kata Arya Fernandes. Memang tidak semua sepakat dengan penyematan istilah dinasti politik, bahkan bila memang benar ada dinasti politik, Arya memandang itu tidak menjamin kesuksesan si calon kepala daerah.

"Bahkan Bobby Nasution (menantu Jokowi) juga tidak akan mudah untuk menang Pilkada," kata Arya.



Merujuk pada calon medan laga Doli Sinomba nanti, yakni Kabupaten Tapanuli Selatan, itu bukan daerah kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang 62,67% di daerah itu pada Pilpres kemarin. Itu bakal menambah tantangan kerabat Jokowi di Pilbup Tapsel 2020 nanti.

"Dan belum tentu juga pemilih Jokowi akan memilih dia," kata Arya.

Status Kerabat Jokowi Dinilai Tak Jamin Paman Bobby Sukses di PilkadaArya Fernandes dari CSIS (Ari Saputra/detikcom)


Tonton juga video Menatap Pilkada, Gibran Dinilai Bisa jadi RI-1:


Selanjutnya
Halaman
1 2