Mahfud Md: Bela Tuhan Kok Marah-marah, Tuhan Sendiri Tak Pernah Marah

Muhammad Faisal Javier Anwar - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 23:49 WIB
Mahfud Md (Faisal/detikcom)


Mantan Ketua MK itu juga bicara mengenai pesan kebangsaan dalam konteks Indonesia. Mahfud menjelaskan Indonesia sangat beragama.

"Agama, suku, berapa suku di sini? Tadi di sini (pertunjukan dalam acara perayaan Natal) banyak orang mewakili suku-suku Indonesia. Itu belum seberapa berdasarkan sensus 2010, jumlah suku kita ada 1.360 suku. Dengan minimal 6 agama ditambah ratusan keyakinan lokal, bersatu berhasil mendirikan Indonesia. Coba kalau tidak, 1.360 merasa ego masing-masing," ujar Mahfud.

"Indonesia didirikan banyak tokoh tokoh di Jawa, tapi bahasanya Melayu. Dari 1.360 suku dan 726 bahasa daerah, termasuk bahasa suku itu bersatu di Indonesia. Karena kita sadar untuk berlaku sebagai saudara dan sahabat," sambung dia.

Selain itu, kata Mahfud, Indonesia mempunyai banyak pulau. Dengan kekayaan yang beragam itu, Indonesia bisa merdeka karena semua anak bersatu.

"Pulaunya juga. Yang resmi didaftarin ke PBB 17.504 pulau, 1.400 belum ada namanya. Kita menjadi kita seperti sekarang ini, karena Indonesia itu merdeka. Merdeka karena bersatu. Oleh sebab itu, marilah dalam rangka Natal ini kita ambil hikmah, bahwa kita bersaudara sebagai bangsa," imbuh Mahfud.
Halaman

(knv/dnu)