TNI Masih Berupaya Buka Akses Jalan Desa Terisolir Imbas Longsor Sukajaya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 21:41 WIB
Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya (Sachril/detikcom)
Bogor - Longsor di Sukajaya, Bogor, menyebabkan 5 desa terisolasi. TNI masih berupaya membuka akses jalan ke desa tersebut.

Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan lima desa yang terisolasi itu adalah Desa Pasir Madang, Desa Cileuksa, Desa Cisarua, Kiara Pandak, dan Kiara Sari. Dari 5 desa tersebut, katanya, hanya tiga desa yang akses jalannya masih tertutup.

"Jadi tetap Desa Cileuksa, Cisarua, dan Kiara Sari. Tapi (desa) Kiara Sari ini sudah buka, bisa dilewati kendaraan roda 2. Roda 4 belum bisa," kata Helmy di Kantor BPBD Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (10/1/2020).

"Jadi tetap masih ini, medannya (lumpur) tebal banget, tanah itu," lanjutnya.



Helmy menjelaskan sejumlah alat berat masih disiagakan. Dia menerangkan, untuk sementara, distribusi bantuan logistik diberikan melalui jalur udara. Warga di desa terisolasi itu, disebutnya, membutuhkan bantuan medis dan genset.

"Tadi saya antar logistik RI 1 ke Kampung Ciear dan Kampung Cijairin, Desa Cileuksa. Di sana butuh tenaga medis karena belum bisa ditembus itu. Jadi saya akan dorong, kita akan (kirim) nanti tenaga medis, mereka bermalam disana," ujar dia.


Selanjutnya
Halaman
1 2