Mesin Waktu

Saat AS-Vatikan Pulihkan Hubungan Diplomatik Setelah 117 Tahun Renggang

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 18:36 WIB
Presiden Ronald Reagan bertemu Paus Yohanes Paulus II di Alaska pada Mei 1984. (Reagan Presidential Library)
Jakarta - Tepat 36 tahun yang lalu, Amerika Serikat memulihkan hubungan diplomatik dengan Takhta Suci Vatikan. Hubungan keduanya sempat merenggang selama hampir 117 tahun akibat persoalan sentimen keagamaan di Amerika Serikat.

Sejarah hubungan AS dengan Vatikan dimulai pada 1797 di bawah Presiden George Washington dan Paus Pius VI. Namun baru pada tahun 1848, Presiden James K Polk menunjuk Jacob L Martin sebagai charge d'affaires atau utusan diplomatik di bawah tingkat duta besar.


Martin menyerahkan surat kepercayaannya kepada Paus Pius IX pada 19 Agustus 1848. Thomas Patrick Melady, Duta Besar AS untuk Vatikan periode 1989-1993 dalam artikel US-Vatican Relations: 25th Anniversary and a New President menuliskan setelah periode Martin, AS mengutus lima diplomat ke Vatikan secara berturut-turut.

Sampai kemudian Rufus King yang pensiun dari jabatannya pada tahun 1867. Setelah King tidak ada lagi perwakilan diplomatik AS di Vatikan. Renggangnya hubungan itu setelah Kongres AS meloloskan undang-undang yang melarang pendanaan untuk misi diplomatik ke Vatikan pada Februari 1867.

Keputusan kongres itu muncul karena menguatnya sentimen anti-Katolik pada pertengahan abad itu sebagai bagian peningkatan drastis jumlah imigran yang berasal negara mayoritas Katolik seperti Irlandia, Italia, dan Spanyol.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3