Ini Gerhana Bulan di Tahun 2020 yang Akan Terjadi di Indonesia

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 17:11 WIB
Gerhana bulan tahun 2020. Foto: Reuters
Jakarta - Gerhana bulan menjadi fenomena alam yang seringkali menarik perhatian. Di tahun 2020, Indonesia akan mengalami beberapa fenomena gerhana bulan. Apa saja ya?

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal ini terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi.


Salah satu jenis gerhana bulan yang akan sambangi Indonesia tahun 2020 menurut prediksi BMKG adalah gerhana bulan penumbra atau gerhana bulan sebagian.

Gerhana bulan penumbra adalah gerhana yang seluruh bagian bulannya berada di bagian penumbra bumi. Pada saat gerhana bulan penumbra, bulan masih terlihat meskipun tidak terlalu terang.

BMKG memprediksi di tahun 2020 ini akan terjadi enam kali gerhana yaitu 2 kali gerhana matahari dan 4 kali gerhana bulan.

Gerhana bulan penumbra pertama di tahun 2020 akan terjadi besok pada 11 Januari. Selain di tanggal ini, ada juga beberapa gerhana bulan yang nantinya menyambangi Indonesia menurut prediksi BMKG. Apa saja?


1. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 11 Januari 2020 yang dapat diamati dari Indonesia.

2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 6 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia.

3. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

4. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 20 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.



Simak Video "Gerhana Bulan Penumbra Terjadi 11 Januari di Indonesia"

[Gambas:Video 20detik]

(lus/erd)