Singgung Jokowi Tak Ditilang, Mahasiswa UKI Riset 10 Bulan Sebelum Gugat ke MK

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 16:25 WIB
Foto: Eliadi dan Ruben (yogi/detikcom)
Jakarta - Duo mahasiswa FH Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Eliadi dan Ruben keberatan ditilang karena lampu sepeda motor tidak nyala di siang hari. Keduanya bahkan menyinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melakukan hal sama tapi polisi tidak menilangnya.

Eliadi ditilang Polantas di Jalan DI Panjaitan Jaktim pada 8 Juli 2019 pukul 09.00 WIB. Setelah itu, ia merenung dan yakin bahwa dirinya dan Ruben yang memboncengnya tidak bersalah.

"Kita mengkaji ini sekitar 10 bulan," kata Ruben terkait gugatan mereka ke MK saat berbincang dengan detikcom di Kampus UKI, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (10/1/2020).


Saat ditilang, keduanya menanyakan mengapa ditilang. Tapi Polantas tidak memberikan jawaban memuaskan sehingga gugatan dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sebenarnya yang 10 bulan itu engga formal-formal banget. Cuman yang benar-benar fokus itu sekitar 1 bulan terakhir. Tapi sejak kita ditilang itu kita memang langsung membuat upaya mencari-cari data sekaligus dalil," ujar Eliadi.
Selanjutnya
Halaman
1 2