China Harap RI Tenang soal Natuna, Dahnil: Pak Prabowo Kan Kelihatan Cool

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 09:36 WIB
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta - Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, merespons pernyataan China yang mengharapkan Indonesia tetap tenang usai TNI mengerahkan pesawat tempur dan kapal perang ke Natuna. Dahnil mengatakan Prabowo memang bersikap 'cool' atas polemik yang terjadi di Laut Natuna.

"Kita semuanya tenang, kan Pak Prabowo kelihatan cool, biasa saja. Jadi yang jelas, terang kita menyatakan pada Pemerintah China kedaulatan kita tidak boleh diganggu gugat, ZEE kita juga tidak bisa diganggu gugat," kata Dahnil, Kamis (9/10/2020) malam.

Dahnil mengatakan pengerahan pesawat dan kapal ke Laut Natuna memang sudah menjadi kegiatan rutin pengawasan dari TNI. Dahnil menilai tak ada pihak yang bisa mengklaim ataupun memanfaatkan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia sesuka hati.

"Posisi Panglima TNI mengerahkan kapal perang dan jet tempur saya pikir dalam rangka pengawasan saja dan dalam rangka patroli," ujarnya.

"Yang jelas ZEE kita seperti yang disampaikan pak presiden itu sudah final diakui oleh UNCLOS, tak ada pihak manapun yang bisa klaim dan kalau ingin memanfaakan sumber daya di situ ya harus izin dengan pemerintah Indonesia," lanjut Dahnil.


Tonton juga PA 212 Minta Jokowi Pecat Menhan Gegara Natuna, Prabowo Santai :


Selanjutnya
Halaman
1 2