Longboat Karam di Perairan Asmat, 2 Penumpang Hilang

Wilpres Siagian - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 09:15 WIB
Foto: Ilustrasi kapal tenggelam (Dok detikcom)
Jayapura - Longboat berpenumpang tiga orang karam setelah terhempas ombak besar di Laut Arafuru, Kabupaten Asmat, Papua. Dua penumpang longboat tersebut masih hilang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyebut peristiwa longboat karam dihempaskan ombak itu terjadi pada Rabu (8/1) sekitar pukul 11.30 WIT. Pencarian terhadap korban dilakukan sehari setelah polisi mendapat laporan dari warga.

"Pencarian baru dilakukan Kamis 9 Januari 2020 pagi setelah adanya laporan warga di penjagaan Polres Asmat, 1 orang ditemukan atas nama Amsar (32) dalam kondisi hidup, sedang dua rekannya belum ditemukan," ujar Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura, Jumat (10/1/2020).


Dua penumpang longboat lainnya adalah Slamet (50) dan Mamo (43). Saat peristiwa itu terjadi, longboat itu berangkat dari Agats menuju Pantai Kasuari.

Saat menuju ke Pantai Kasuari sekitar Muara Bokap, longboat tersebut mengalami mati mesin. Pada saat itu, ombak cukup tinggi yang kemudian mengakibatkan longboat kemasukan air dan akhirnya tenggelam.


Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI AL, Pol Air Polres Asmat dan SAR Asmat serta dibantu keluarga korban sudah melakukan pencarian terhadap 2 yang korban yang hilang.

"Hingga Kamis (9/1) sore pencarian Tim SAR gabungan belum menemukan korban dan kembali ke Pos SAR Agats karena waktu dan cuaca tidak mendukung untuk melakukan pencarian lagi," jelas Kamal.

"Pencarian oleh Tim SAR terhambat dengan tingginya gelombang laut yang mencapai 4 meter," ujar Kamal.


Tonton juga Tegang! Begini Proses KKP Tangkap Kapal Asing di Perairan Natuna :

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/gbr)