Polisi Tembak Mati Pengedar Narkoba di Medan, Sabu 1,7 Kg Disita

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 19:42 WIB
Foto: DOK. ISTIMEWA/ Rilis Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengenai narkoba
Medan - Polisi menangkap dua pelaku pengedar sabu dengan barang bukti 1,7 kg sabu di Medan, Sumatera Utara. Satu pelaku tewas ditembak polisi.

Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengatakan, penangkapan berawal dari informasi masyarakat terkait peredaran narkoba di Kecamatan Medan Labuhan. Tim Polres Belawan menindaklanjuti informasi tersebut.

"Kita berhasil menangkap dua pelakunya. Satu di antaranya terpaksa diberikan tindakan tegas dan terukur hingga dia meninggal dunia. Dia mencoba melarikan diri saat ditangkap," kata Irjen Martuani kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).




Kedua pelaku yang ditangkap yakni Y dan DEN. DEN ditembak kakinya karena berupaya melarikan diri.

Penangkap pertama dilakukan terhadap Y di Medan Labuhan, Rabu (8/1) dini hari. Polisi menyita 1,4 Kg sabu, 120 butir ekstasi, delapan papan pil happy five, dua unit HP dan satu timbangan elektrik.

"Saat diinterogasi, Y mengaku barang bukti itu diperoleh dari pelaku DEN. Polisi lalu memburunya. Namun, saat ditangkap, pelaku berniat melarikan diri dan tidak mengindahkan peringatan petugas sehingga meninggal dunia ditembak petugas," ujar Martuani.

Dari tangan DEN, polisi mengamankan barang bukti 313 gram sabu, 1000 pil ekstasi, satu timbangan digital. Disita juga narkoba jenis baru berbentuk bubuk yang masih diselidiki. Narkoba itu ditemukan sebanyak empat bungkus yang dikemas aluminium foil.

"Langkah lanjut penyidik adalah melakukan pemeriksaan bubuk itu ke Labfor dan BPOM agar mengetahui jenis dan efek dari narkoba tersebut," sebut Martuani.

"Jadi total ada 1,7 Kg sabu, 1.120 butir ekstasi dan delapan papan pil happy five. Untuk pelaku dan barang bukti sudah kita amankan," imbuh Martuani.

Pelaku dijerat Pasal 112,114 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.




Simak juga video Bacok Polisi Saat Diamankan, Pengedar Narkoba Ditembak Mati:

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)