Prabowo Harap PP Atur Konsep Pertahanan Rakyat Semesta Segera Terbit

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 18:43 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berharap peraturan pemerintah (PP) yang mengatur pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara segera diterbitkan. PP itu, kata dia, untuk memperkuat sistem pertahanan Indonesia.

"Kita berharap juga akan keluar peraturan pemerintah tentang aturan pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Keamanan Negara. Mudah-mudahan juga dalam waktu dekat bisa keluar," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).


Prabowo menjelaskan sistem pertahanan Indonesia berkonsep Pertahanan Rakyat Semesta yang melibatkan seluruh komponen bangsa. "Dan ini juga nanti untuk memperkuat sistem pertahanan kita. Saya ulangi sistem pertahanan kita adalah sistem pertahanan keamanan rakyat semesta," katanya.

Saat ditanya apakah PP tersebut juga akan mengatur soal wajib militer, Prabowo membantah. Ketua Umum Partai Gerindra itu menjelaskan nantinya aturan itu akan mengatur perihal komponen cadangan.



Prabowo Akan Bangun Pangkalan Militer di Natuna:


Selanjutnya
Halaman
1 2