Bertemu Anies, Dubes AS Jelaskan Imbauan soal Prediksi Cuaca Ekstrem Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 16:22 WIB
Foto: Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. Dia menjelaskan soal imbauan terkait cuaca ekstrem Jakarta yang diumumkan oleh Kedutaan Besar (Kedubes) AS.

"Saya melakukan pertemuan dengan Gubernur. Dan kami sempat membicarakan terkait cuaca. Dan ada kekeliruan penerjemahan saat pengumuman pada beberapa hari lalu. Dan saya ingin memastikan bahwa Kedutaan Besar Amerika tidak berurusan dengan urusan prediksi cuaca di Jakarta," ucap Donovan kepada wartawan usai bertemu dengan Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (8/1/2020).

Menurut Kedubes AS, terdapat disinformasi oleh beberapa masyarakat Indonesia dalam pengartian pengumuman yang ditulis dengan bahasa Inggris. Dalam Twitter resmi Kedubes AS @usembassyjkt, mengunggah tulisan penjelasan.


"Mimin @usembassyjkt dibanjiri pertanyaan ttg peringatan cuaca utk warga negara AS di Indonesia. Nah, kata 'through' dan 'on' itu artinya berbeda loh! Seperti 'sampai tanggal' dan 'pada'. Yuk, belajar #BahasaInggris dgn #MissUnderstanding! Hati-hati ya di musim hujan ini," tulis @usembassyjkt, seperti dilihat detikcom.

Sementara itu, Anies menyampaikan bahwa informasi cuaca pun telah disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Seperti saya jawab kemarin kan. Kemarin saya sampaikan kepada kalian, prediksi itu sudah dituliskan oleh BMKG," kata Anies di samping Donovan.

Selanjutnya
Halaman
1 2